INTERNALISASI PEACE EDUCATION SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING STUDI DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

WULAN LARASATI (2024) INTERNALISASI PEACE EDUCATION SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING STUDI DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sekolah menjadikan tempat yang nyaman dan aman bagi seseorang untuk mencari ilmu, namun terdapat perilaku bullying yang membuat peserta didik merasa tidak nyaman berada dilingkungan sekolah. Perilaku tersebut sangat sering terjadi di setiap sekolah dan minimnya kesadaran para siswa terharap perdamaian dan menghargai setiap perbedaan, maka dari itu diperlukan solusi untuk mencegah perilaku bullying terjadi disekolah. Peace education merupakan pendidikan perdamaian yang diarahkan untuk mengembangkan kepribadian manusia untuk bisa lebih hormat dan mencintai sebuah perdamaian. Dengan adanya peace education perilaku bullying dapat dicegah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui internalisasi Peace Education untuk mencegah perilaku bullying studi di SMA Negeri 2 Yogyakarta dan kelebihan dan kekurangan peace education sebagai upaya pencegahan perilaku bullying studi di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah SMA Negeri 2 Yogyakarta, salah satu peserta didik , guru PAI dan guru kesiswaan. Teknik analisis data yang dipakai dengan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan peace education sebagai solusi untuk sekolah untuk mencegah terjadinya perilaku bullying dapat terealisasikan dengan baik sehingga sekolah mendapatkan gelar “Sekolah Anti Bullying” yang dapat memotivasi dan sebagai contoh bagi sekolah lainnya, namun adanya keterbatasan waktu yang membuat pihak sekolah tidak dapat memberikan nilai – nilai peace education secara leluasa, tetapi hal tersebut bisa digantikan pada proses pembelajaran dalam menerapkan peace eductaion.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peace Education, Bullying, Negative Behavior
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:59
Last Modified: 26 Jul 2024 06:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47127

Actions (login required)

View Item
View Item