KEEFEKTIFAN METODE CHUNKING DALAM PEMBELAJARAN KAIWA

ANNISSA SINDIA ANANDHITYA (2024) KEEFEKTIFAN METODE CHUNKING DALAM PEMBELAJARAN KAIWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektifan metode Chunking dalam pembelajaran Kaiwa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan true eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa angkatan 16 LPK MYB Yogyakarta yang berjumlah 12 orang, terdiri dari enam orang pada kelas eksperimen dan enam orang pada kelas kontrol. Hasil analisis data uji t dan uji kriteria hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,192 > t tabel 2,571 dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode Chunking efektif digunakan dalam mempelajari Kaiwa. Selain itu, hasil analisis angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa metode Chunking meningkatkan kefasihan berbicara, mengurangi beban memori kerja, dan memudahkan siswa mengingat kosakata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, chunking, kaiwa
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 24 Aug 2024 03:52
Last Modified: 24 Aug 2024 03:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47189

Actions (login required)

View Item
View Item