Maden Muhammad Naufal (2021) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (739kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Bab I.pdf
Download (139kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (548kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan regresi sederhana. Lokasi penelitian ini adalah sekolah SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 269 siswa yaitu kelas X, XI, dan XII. Kemudian dalam menentukan sampel, peneliti mengambil sampel seluruh siswa kelas XI yaitu sebanyak 53 siswa, alasan peneliti mengambil sampel kelas XI yaitu karena kelas XI pernah merasakan pembelajaran offline sebelumnya pada saat kelas X sehingga merasakan perbedaan antara sistem pembelajaran offline dan online. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner model skala likert dalam bentuk google form. Data dianalisis secara regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru pada masa pandemi Covid-19 masuk dalam kategori sedang/cukup, dibuktikan dengan frekuensi siswa dengan skor paling banyak menilai profesionalisme guru termasuk kategori sedang/cukup adalah 28 siswa(53%). sedangkan motivasi belajar siswa kelas XI masuk dalam kategori sedang/cukup Hal ini dibuktikan dengan frekuensi siswa yang masuk dalam kategori cukup/sedang sebanyak 31 siswa(58%). Hasil penelitian ini memiliki pengaruh yang positif signifikan dari profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh Y = a + BX = 14,349 + 0,469 X. Setelah diketahui pengaruh kedua variabel, maka dilanjutkan uji koefisien determinasi yang menunjukkan nilai R Square sebesar 0,568. Dengan demikian, besarnya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 adalah 56,8%, sedangkan 43,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya.</em></p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:39 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4719 |