HUBUNGAN TINGKAT KOMPETENSI PRECEPTOR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROFESI NERS

AMALIA ALFIYANI (2024) HUBUNGAN TINGKAT KOMPETENSI PRECEPTOR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROFESI NERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Program pendidikan profesi merupakan kelanjutan dari tahap pendidikan program sarjana keperawatan. Pendidikan profesi ners didasarkan pada praktik klinik yang sebagian besar diselenggarakan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Selama praktik di rumah sakit mahasiswa pendidikan profesi ners akan didampingi oleh seorang preceptor. Menjadi preceptor harus menguasai beberapa kompetensi dalam melakukan bimbingan seperti kompetensi mengajar, pengetahuan, kompetensi klinis, kemudahan konsultasi dll. Namun dari fenomena yang serig terjadi mahasiswa kesulitan dalam mencapai target kompetensi yang sudah ditetapkan karena kurannya role model dari preceptor sehingga berdampak buruk terhadap nilai akhir mahasiswa profesi. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan tingkat kompetensi preceptor dengan hasil belajar mahasiswa profesi ners periode tahun 2021/2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah 310 responden yang terdiri dari 209 mahasiswa dan 101 preceptor. Teknik sampling dilakukan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 201 responden terdiri atas 145 mahasiswa dan 56 preceptor. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji statistik menggunakan Uji Spearmen Rank. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kompetensi preceptor. Hasil: Hasil analisa data antara variabel tingkat kompetensi preceptor dengan hasil belajar didapatkan hasil p value sebesar 0,189 dengan kekuatan korelasi sebesar 0,110. Kesimpulan: Kompetensi preceptor dalam kategori cukup ataupun baik tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa profesi ners.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: preceptor competency, learning outcomes, nursing profession students
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:38
Last Modified: 23 Aug 2024 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47221

Actions (login required)

View Item
View Item