Ahmad Agus Khoirudin (2021) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA MASA PANDEMI DI MI MA’ARIF MARGOKATON KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (606kB)
Bab I.pdf
Download (623kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (833kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (619kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (988kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (713kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (726kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pandemi covid-19 mengharuskan kepala madrasah melakukan inovasi upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru agar sesuai dengan kondisi yang dihadapi saat ini. Hal tersebut juga dilakukan oleh kepala madrasah MI Ma’arif Margokaton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru, kondisi profesionalisme guru, dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan dalam data penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi maupun dokumentasi. Sedangkan teknis analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan kepala madrasah MI Ma’arif Margokaton meliputi meningkatkan kedisiplinan guru, melakukan supervisi, mengadakan penilaian kinerja guru, dan mengikutsertakan guru dalam kegiatan workshop dan diklat. Kondisi profesionalisme guru MI Ma’arif Margokaton dapat dikatakan sudah bagus, dibuktikan dengan kemampuan beradaptasi pada masa pandemi, menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya, dan menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan. Faktor pendukung meliputi seluruh komponen dan masyarakat sekolah saling membantu, gurunya kreatif dan inovatif, menerima kritik dan saran, serta guru mendukung dan terlibat dalam pembuatan kebijakan. Sedangkan faktor penghambat meliputi masih ada guru yang belum memahami IT dan tidak menaati aturan sekolah.
Kata kunci : Pandemi, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:39 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4723 |