LUNGAYU RETNO UTARI (2024) THE BENEFITS AND CHALLENGES OF SMALL GROUP DISCUSSION IN SUPPORTING STUDENTS' ENGLISH SPEAKING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (607kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Bab I.pdf
Download (299kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
Abstract
Diskusi kelompok kecil telah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Penerapannya biasanya membawa manfaat dan tantangan yang tidak disadari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan tantangan dalam kegiatan diskusi kelompok kecil untuk mendukung keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebuah universitas swasta di Yogyakarta dengan melibatkan enam mahasiswa angkatan 2021 sebagai partisipan penelitian. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data. Temuan terkait manfaatnya adalah diskusi kelompok kecil memberikan pelatihan berbicara kepada siswa, memungkinkan siswa memperoleh lebih banyak kosakata, mendukung siswa untuk berlatih pengucapan, membantu siswa menjadi fasih berbicara, memotivasi siswa untuk berbicara, dan mengurangi kecemasan berbicara. Tantangan yang dialami siswa dalam diskusi kelompok kecil untuk mendukung keterampilan berbicara mereka termasuk kurangnya kepercayaan diri, kurangnya pengetahuan tentang topik tersebut, dan kelompok yang tidak mendukung. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk berpartisipasi aktif selama diskusi. Diharapkan juga agar guru dapat mempertimbangkan penggunaan diskusi kelompok kecil sebagai metode pembelajaran di kelas mereka. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih dalam lagi aspek-aspek terkait diskusi kelompok kecil yang belum tereksplorasi dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | small group discussion, speaking skills, benefits of small group discussion, challenges in small group discussion, qualitative research, students perceptions |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:39 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47233 |