THE BENEFITS AND CHALLENGES OF SMALL GROUP DISCUSSION IN SUPPORTING STUDENTS' ENGLISH SPEAKING SKILLS

LUNGAYU RETNO UTARI (2024) THE BENEFITS AND CHALLENGES OF SMALL GROUP DISCUSSION IN SUPPORTING STUDENTS' ENGLISH SPEAKING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Diskusi kelompok kecil telah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Penerapannya biasanya membawa manfaat dan tantangan yang tidak disadari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan tantangan dalam kegiatan diskusi kelompok kecil untuk mendukung keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebuah universitas swasta di Yogyakarta dengan melibatkan enam mahasiswa angkatan 2021 sebagai partisipan penelitian. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data. Temuan terkait manfaatnya adalah diskusi kelompok kecil memberikan pelatihan berbicara kepada siswa, memungkinkan siswa memperoleh lebih banyak kosakata, mendukung siswa untuk berlatih pengucapan, membantu siswa menjadi fasih berbicara, memotivasi siswa untuk berbicara, dan mengurangi kecemasan berbicara. Tantangan yang dialami siswa dalam diskusi kelompok kecil untuk mendukung keterampilan berbicara mereka termasuk kurangnya kepercayaan diri, kurangnya pengetahuan tentang topik tersebut, dan kelompok yang tidak mendukung. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk berpartisipasi aktif selama diskusi. Diharapkan juga agar guru dapat mempertimbangkan penggunaan diskusi kelompok kecil sebagai metode pembelajaran di kelas mereka. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih dalam lagi aspek-aspek terkait diskusi kelompok kecil yang belum tereksplorasi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: small group discussion, speaking skills, benefits of small group discussion, challenges in small group discussion, qualitative research, students perceptions
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:39
Last Modified: 23 Aug 2024 03:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47233

Actions (login required)

View Item
View Item