EFEKTIVITAS E-LASTRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SRIMULYO, BANTUL

LATHIFAH ARI SETYANADA (2024) EFEKTIVITAS E-LASTRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SRIMULYO, BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Efektivitas layanan e-LASTRI di Kalurahan Srimulyo merupakan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penggunaan aplikasi e-government tersebut dalam membantu Pemerintah Desa Srimulyo guna melayani masyarakat di tingkat kalurahan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik sehingga dapat memudahkan masyarakatnya yang dapat dinilai dari segi efektivitas, efisiensi, produktivitas, pengembangan, kemampuan untuk memanfaatkan dan menginterpretasikan lingkungan, prosedur pelayanan, sarana dan prasarana serta semangat kerjasama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan mengumpulkan data wawancara dan dokumentasi untuk menjawab permasalahan yang ada dengan pertanyaan yang diajukan sesuai dengan fokus penelitian. Temuan dari penelitian ini fokus kepada bagaimana Efektivitas e-LASTRI dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Srimulyo menggunakan 8 indikator efektivitas organisasi dari teori Martani dan Lubis (1987:55) yang menunjukkan bahwa layanan e-LASTRI ini sudah tergolong efektif dan efisien, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, (1) Efisiensi pada layanan e-LASTRI sudah berjalan secara efektif dan efisien karena dapat meminimalisir waktu dan juga jarak, sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja. (2) Sudah tergolong efektif karena sudah tepat sasaran dan mengalami kenaikan pada pengguna layanannya. (3) Produktivitas dinilai sudah efektif karena dilihat dari masyarakat yang sering menggunakannya dan juga dari upaya pemerintah desa Srimulyo untuk meningkatkan produktivitas. (4) Pemerintah desa Srimulyo sudah mengembangkan dengan baik, namun hal ini dinilai masih belum berjalan dengan optimal karena masih ada beberapa kendala yang dihadapi dari pihak eksternalnya sendiri yaitu dari masyarakatnya sendiri. (5) Kemampuan memanfaatkan dan menginterpretasikan lingkungan sudah tergolong cukup efektif walaupun masih belum optimal namun tetap dapat memberikan perubahan positif pada masyarakat. Secara Kompetensi Pegawai pada layanan e-LASTRI di Srimulyo memiliki sikap yang ramah dan informatif. (6) Prosedur pelayanan sudah dapat dikatakan efektif dengan alur yang mudah dipahami dan jelas. (7) Sarana dan Prasarana yang ada di Kalurahan Srimulyo sudah memadai dan memiliki kondisi yang nyaman dan lengkap, dalam hal teknologi dan informasi didukung dengan fasilitas yang memberikan dampak terhadap upaya pengefektivitasan pelayanan publik di Kalurahan Srimulyo. (8) Semangat kerjasama yang dilakukan di Srimulyo juga sudah cukup efektif dan berjalan dengan baik. Secara umum layanan e-LASTRI sudah dapat dikatakan baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi oleh Pemerintah Desa Srimulyo seperti meningkatkan lagi kegiatan sosialisasi untuk layanan-layanan yang ada, sehingga layanan ini dapat menjangkau banyak segmentasi masyarakat dan semua masyarakatnya dapat menggunakannya sehingga menjadi layanan atau aplikasi yang independent serta cepat tanggap dalam merespon kendala dari pengguna layanannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, e-LASTRI, Srimulyo Village Government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:05
Last Modified: 01 Aug 2024 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47287

Actions (login required)

View Item
View Item