IRFA AMALIATUNNAJAH (2024) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (KAJIAN KITAB FALSAFAH TARBIYAH AL-ISLAAMIYAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (621kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pendidikan Islam dalam pembentukan karakter religius siswa pada kitab falsafah tarbiyah alisla>miyah. Hasil kajian ini juga diharapan turut menjadi referensi jalannya aktivitas pendidikan di Indonesia supaya dapat melaksanakan pembelajaran untuk membentuk karakter religius agar tidak terkesan membosankan. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dimana peneliti melakukan observasi literatur untuk mencari sumber data dan informasi. Sumber primer penelitian ini merujuk kepada kitab falsafah tarbiyah al-isla>miyah karya al-Syaibani, sedangkan sumber sekundernya dirujuk dari pembahasan-pembahasan tulisan al-Syaibani yang terkait. Teknik analisis menggunakan analisis isi (content analysis) melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian merumuskan ada dua belas metode pembelajaran yang para pendidik dapat menggunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu metode induktif, metode perbandingan, metode kuliah, metode dialog dan perbincangan, metode lingkaran, metode riwayat, metode mendengar, metode membaca, metode imla’, metode hafalan, metode pemahaman, dan metode rihlah. Metode-metode tersebut dapat diterapkan dalam pembentukan karakter religius melalui pembelajaran pada masing² mata pelajaran dengan menggunakan metode yang sesuai. Adapun implikasi penerapannya menunjukkan signifikan untuk pembentukan karakter religius siswa. Hal ini terbukti dapat menjadikan siswa memiliki sikap berdasarkan nilai-nilai karakter religius. Adapun implikasi hasil penelitian dapat dijadikan bahan referensi tambahan bagi pendidik untuk menerapkan metode, serta mengisi kekosongan karya ilmiah dan dapat menjadi penjelas bagi kebijakan terkait pendidikan Islam dan pembentukan karakter religius. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic education methods, religious character formation, tarbiyah al-islaamiyah philosophical book |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:21 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47318 |