WILLINGNESS TO PAY PENGEMBANGAN SERTA PERBAIKAN KUALITAS OBJEK WISATA AIR PANAS CIPARI DI KABUPATEN CILACAP

AYUNI NISA LESTARI (2024) WILLINGNESS TO PAY PENGEMBANGAN SERTA PERBAIKAN KUALITAS OBJEK WISATA AIR PANAS CIPARI DI KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Willingness to Pay atau kesediaan untuk membayar adalah kesediaan individu dalam membayar suatu kondisi lingkungan atau penilaian terhadap sumberdaya alam dengan maksud untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar kesediaan pengunjung untuk membayar pengembangan dan peningkatan kualitas Objek Wisata Air Panas Cipari di Kabupaten Cilacap dan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Willingness to Pay tersebut. Subjek penelitian ini adalah pengunjung Objek Wisata Air Panas Cipari yang berusia lebih dari 17 tahun. Studi ini menggunakan data primer dan wawancara dengan jumlah responden sebanyak 395 dan dilakukan dengan Metode Purposive Sampling. Willingness to Pay dapat diprediksi dengan pendekatan Contingent Valuation Method (CVM). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat signifikan 0,05 terhadap Willingness to Pay, variabel usia berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat signifikan 0,05 terhadap Willingness to Pay, variabel frekuensi kunjungan tidak memiliki pengaruh terhadap Willingness to Pay, variabel jarak berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat asih signifikan 0,05 terhadap Willingness to Pay, dan variabel persepsi pengunjung berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat signifikan 0,05 terhadap Willingness to Pay. Nilai rata-rata dari Willingness to Pay adalah 0,66. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden bersedia membayar sebesar Rp15.000,00 untuk pengembangan dan peningkatan kualitas Objek Wisata Air Panas Cipari di Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Willingness To Pay, Countingent Valuation Method (CVM), Cipari Hot Spring Attraction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:33
Last Modified: 31 Jul 2024 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47357

Actions (login required)

View Item
View Item