PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PAIN SELF-MANAGEMENT PADA REMAJA DENGAN DISMENORE

AULIYAA IHDA WARDHANI (2024) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PAIN SELF-MANAGEMENT PADA REMAJA DENGAN DISMENORE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Dismenore merupakan permasalahan yang paling sering terjadi dan banyak di alami oleh remaja pada periode menstruasi. Keluhan dismenore yang tidak tertangani dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif seperti terganggunya aktivitas belajar, konsentrasi belajar dan motivasi belajar yang dapat berpengaruh terhadap prestasi dan presensi siswi disekolah. Pemberian edukasi merupakan upaya yang cukup efektif untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan penanganan dismenore. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh pemberian edukasi pain self-management pada remaja dengan dismenore. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode pra eksperimental dan menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 124 siswi. Hasil: Hasil uji wilcoxon test diperoleh asymp. sig 2-tailed sebesar 0,000 (p < 0.05) yang dapat diartikan bahwa terdapat perngaruh yang signifikan setelah dilakukannya intervensi yang berupa pemberian edukasi. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian edukasi pain self-management pada remaja dengan dismenore.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dysmenorrhea, Adolescents, Education
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:28
Last Modified: 31 Jul 2024 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47361

Actions (login required)

View Item
View Item