SINDI PEBRIYANTI (2024) EXPLORING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' LEARNING STRATEGIES TO DEVELOP WRITING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (666kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab I.pdf
Download (75kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Menulis adalah keterampilan terpenting dalam mempelajari suatu bahasa. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan pemikiran siswa tentang ide dan pemikirannya. Hal ini memberikan peluang dan tantangan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengembangan keterampilan menulis siswa SMA di Cilacap Jawa Tengah Angkatan 2024. Ada dua tujuan penelitian ini. Pertama, diskusikan strategi menulis yang digunakan siswa sekolah menengah atas untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka. Tantangan siswa SMA 2 saat menulis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data. Selain itu, peneliti melakukan wawancara dengan siswa sekolah menengah atas untuk mengumpulkan data. Enam siswa SMA asal Cilacap berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil wawancara yang telah dilakukan ditranskrip dan dilakukan pengecekan anggota untuk membuktikan keterpercayaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi yang digunakan siswa untuk meningkatkan keterampilan menulisnya. Pertama menggunakan aplikasi seperti aplikasi Google Translate dan aplikasi Facebook, selanjutnya meminta feedback dan strategi terakhir adalah brainstorming. Selain itu, peserta mengalami kesulitan dalam mencoba meningkatkan kemampuan menulisnya; yang pertama adalah kesulitan dalam menyusun tata bahasa; yang kedua adalah kurangnya kosa kata; dan yang terakhir adalah keragu-raguan dan kecemasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Writing skills, Strategies in writing, Challenges in writing, EFL Students, Member checking |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47405 |