EXPLORING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' LEARNING STRATEGIES TO DEVELOP WRITING SKILLS

SINDI PEBRIYANTI (2024) EXPLORING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' LEARNING STRATEGIES TO DEVELOP WRITING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menulis adalah keterampilan terpenting dalam mempelajari suatu bahasa. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan pemikiran siswa tentang ide dan pemikirannya. Hal ini memberikan peluang dan tantangan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengembangan keterampilan menulis siswa SMA di Cilacap Jawa Tengah Angkatan 2024. Ada dua tujuan penelitian ini. Pertama, diskusikan strategi menulis yang digunakan siswa sekolah menengah atas untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka. Tantangan siswa SMA 2 saat menulis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data. Selain itu, peneliti melakukan wawancara dengan siswa sekolah menengah atas untuk mengumpulkan data. Enam siswa SMA asal Cilacap berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil wawancara yang telah dilakukan ditranskrip dan dilakukan pengecekan anggota untuk membuktikan keterpercayaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi yang digunakan siswa untuk meningkatkan keterampilan menulisnya. Pertama menggunakan aplikasi seperti aplikasi Google Translate dan aplikasi Facebook, selanjutnya meminta feedback dan strategi terakhir adalah brainstorming. Selain itu, peserta mengalami kesulitan dalam mencoba meningkatkan kemampuan menulisnya; yang pertama adalah kesulitan dalam menyusun tata bahasa; yang kedua adalah kurangnya kosa kata; dan yang terakhir adalah keragu-raguan dan kecemasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Writing skills, Strategies in writing, Challenges in writing, EFL Students, Member checking
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:48
Last Modified: 31 Jul 2024 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47405

Actions (login required)

View Item
View Item