MUHAMMAD FAUZAN (2024) ANALISIS RESEPSI PESAN KONTEN DAKWAH PADA AKUN TIKTOK @YUDHIDARMAWAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (742kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab I.pdf
Download (406kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Teknologi saati ini sangat berkembang pesat, begitu pula perkembangan media khususnya media sosial. Didalam media tersebut banyak memuat berbagai aktivitas mulai dari bersosial hingga bertransaksi jual-beli, maka aktivitas dakwahpun dapat dilakukan melalui media ini. Penggiat dakwah sudah banyak memanfaat media sosial untuk menyebarkan dakwah secara masif dan salah satunya adalah Yudhi Darmawan yang membuat konten bersumber kajian-kajian offline maupun online. Muatan kontennya ada berbagai macam seperti aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dan pemaknaan pesan dakwah yang dilakukan oleh Yudhi Darmawan kepada penonton. Hampir setiap seminggu dua kali Yudhi Darmawan mengunggah konten video di TikTok sehingga fokus penelitian ini hanya berfokus di tiga unggahan dengan penonton terbanyak. Kajian teori dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi milik Stuart Hall. Yaitu memahami proses dalam pemaknaan pada khalayak saat mengkonsumsi media, dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 2 orang mahasiswa yang tergabung dalam organisasi keislaman IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dan 2 orang mahasiswa yang tergabung dalam organisasi keislaman IMANU (Ikatan Mahasiswa Nahdatul ‘Ulama). Adapun 3 video dalam penelitian ini merupakan 3 video yang memiliki penonton terbanyak dan setiap video memiliki isi konten yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akun TikTok Yudhi Darmawan ini lebih banyak memberi pesan dakwah dalam hal akhlaq dan aqidah, dari ketiga video mempunyai karakteristik dan pembahasan yang kompleks. Dan dari 3 posisi pembacaan pesan khalayak milik Stuart Hall yaitu dominant position, negotiation position, dan oppositional position. Posisi pembacaan khalayak didominasi oleh posisi dominan, kemudian diikuti dengan posisi negosiasi dan yang terakhir pada posisi oposisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Content, Reception Analysis, TikTok, Encoding and Decoding |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47461 |