ERLA ARDINIA FAUZIAH (2024) ETIKA KOMUNIKASI PUBLIK BAGI HUMAS PT. ANGKASA PURA I CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (384kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Etika Komunikasi Publik adalah penyebaran informasi dari satu individu ke banyak orang. Tujuan dalam penelitian ini pertama, untuk memahami Bagaimana etika komunikasi publik humas PT Angkasa Pura I dimedia sosial Instagram. Kedua, untuk memahami apa kendala dan pendorong yang memengaruhi penerapan etika komunikasi publik oleh humas YIA di platform media sosial Instagram. Serta memberikan wawasan yang bermanfaat untuk mempromosikan praktik yang lebih etis diruang digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualittaif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Penyajian keabsahan data, penelitian menggunakan triangulasi informan. Teknik analisis data yang digunakan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Dalam mengelola akun Instagram mereka, humas PT. Angkasa Pura I YIA mengikuti standar etika komunikasi publik. Untuk menghindari konflik, mereka memastikan bahwa informasi yang disampaikan akurat, relevan, dan etis. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan bahasa yang tepat, simbol yang sesuai, dan referensi yang jelas. Strategi PDC (Plan Do Check Evaluation) seperti perencanaan, penerbitan, dan evaluasi efektivitas konten menggunakan fitur Instagram untuk memahami demografi dan preferensi audiens. Dalam penerapan etika komunikasi publik, humas menghadapi tantangan seperti menangani penyebaran informasi salah atau hoaks. Langkah-langkah yang diambil termasuk tetap tenang, melakukan verifikasi internal dan eksternal, serta menyampaikan informasi yang benar melalui Instagram story. Pendorong dalam penerapan etika ini meliputi kemudahan informasi bagi pengguna jasa, memastikan informasi yang jelas dan akurat, serta peningkatan kenyamanan pengguna bandara. Rencana editorial bulanan disesuaikan dengan kebutuhan korporasi dan selalu dievaluasi untuk memastikan efektivitas penyampaian informasi dan respons dari publik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Communication Ethics, Human, Social Media |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47516 |