DONI KURNIAWAN (2024) INVESTIGATING CHALLENGES AND STRATEGIES IN WRITING ESSAY AMONG EFL STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (244kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20kB)
Bab I.pdf
Download (95kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (857kB)
Abstract
Menulis adalah kegiatan mengkomunikasikan pikiran dan ide dalam bentuk yang mudah dibaca, dan merupakan alat yang sangat penting untuk mendukung proses belajar, mengajar dan pengembangan akademik. Jenis tulisan yang biasanya diajarkan di kelas bahasa Inggris adalah menulis esai. Namun, sebagian besar siswa di kelas menulis mengalami kesulitan dalam menulis dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka, terutama ketika mereka menulis esai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan yang dihadapi oleh siswa dan strategi apa yang diterapkan oleh siswa ketika menulis esai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa terkait dengan kesulitan dalam ketidakpahaman terhadap suatu topik, menerapkan tata bahasa yang benar, menentukan kalimat penarik perhatian, menulis paragraf penutup, memilih kata bahasa Inggris yang tepat, mempertahankan kohesi, merumuskan ide utama, dan menggunakan mekanik yang benar. Selain itu, temuan penelitian juga mengungkapkan bahwa dalam mengatasi tantangan-tantangan tersebut, para siswa menerapkan beberapa strategi. Strategi tersebut termasuk membaca esai lain, menggunakan alat penerjemahan, menggunakan pemeriksa tata bahasa, menggunakan umpan balik korektif dari guru, dan membuat draf. Temuan ini menunjukkan bahwa mengatasi tantangan-tantangan khusus ini dan menerapkan strategi-strategi yang telah diidentifikasi dapat meningkatkan keefektifan penulisan esai bagi siswa yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | challenges in writing, strategies in writing, essay writing, EFL learners |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 09:34 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 09:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47532 |