AHMAD AHSAN AMAL (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAH AL-ANKABUT AYAT 16-24 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AT- TABARI DAN TAFSIR AL-MARAGI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (584kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (153kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan merupakan permasalahan yang tidak akan pernah selesai karena manusia cenderung untuk terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, dan mereka melihat pendidikan sebagai jalan untuk mencapai hal tersebut. Pendidikan tidak hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga transfer nilai-nilai. Namun, ironisnya, sering kali terjadi penurunan nilai-nilai tersebut di masyarakat, pemerintahan, bahkan generasi penerusnya. Hal ini mendorong penulis untuk mengambil pendekatan tafsir dari dua sumber yang berbeda, yaitu tafsir klasik seperti at-Tabari dan tafsir kontemporer seperti al-Maragi, yang bertujuan untuk memahami nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Surah al-Ankabut ayat 16-24. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelusuran data atau kepustakaan dengan metode dokumentasi (documentary study) sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah konten analisis dan analisis data yang bersifat komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai pendidikan yang dapat dipetik dari ayat-ayat tersebut. Pertama, pendidikan akidah, yang menekankan keesaan Allah sebagai dasar dari akidah dan percaya terhadap hari akhir. Kedua, pendidikan ibadah, yang mencakup ketaatan dan pengabdian kepada Allah. Ketiga, pendidikan akhlak yang mencakup hubungan vertikal maupun horizontal, yaitu kesabaran dalam menghadapi tantangan, keberanian dalam menyampaikan kebenaran, keikhlasan, syukur. Penelitian ini juga menghasilkan pemahaman tentang persamaan dan perbedaan kedua mufassir dalam interprestasi terhadap ayat-ayat tersebut, at-Tabari cenderung menggunakan riwayat sebagai pendekatan utamanya, sementara al-Maragi lebih berfokus pada inti pembahasan. Penafsiran al-Maragi sedikit banyak terpengaruhi oleh tafsir at-Tabari yang merupakan salah satu sumber rujukan tafsirnya. Keduanya memberikan wawasan yang berharga untuk memahami nilai-nilai pendidikan dalam konteks ayat-ayat tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | educational values, tafsir, at-Tabari, al-Maragi |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:03 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47540 |