PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN HYGIENE MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA DISABILITAS INTELEKTUAL

LINDA SETIA DEWI (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN HYGIENE MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA DISABILITAS INTELEKTUAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Remaja disabilitas intelektual memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman konseptual, sosial, dan praktis yang terbatas, sehingga mereka sulit memahami pentingnya hygiene menstruasi. Hygiene menstruasi masih dianggap tabu, sedangkan banyak remaja disabilitas intelektual yang membutuhkan informasi hygiene menstruasi. Pemberian pendidikan kesehatan hygiene menstruasi merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan remaja disabilitas intelektual dalam menunjang kemandirian hygiene menstruasi pada remaja disabilitas intelektual.Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan hygiene menstruasi terhadap tingkat pengetahuan pada remaja disabilitas intelektual. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode quasy-eksperimental dan rancangan penelitian one-group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 remaja disabilitas intelektual. Hasil: Hasil uji Wilcoxon diperoleh asymp. Sig. (2 tailed) sebesar < 0.001 (p < 0.05) yang artinya pendidikan kesehatan hygiene menstruasi secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan remaja disabilitas intelektual. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan hygiene menstruasi terhadap tingkat pengetahuan yang dimiliki remaja disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Health Education, Menstrual Hygiene, Knowledge Level, Intellectual Disabilities
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:17
Last Modified: 08 Aug 2024 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47571

Actions (login required)

View Item
View Item