LINDA SETIA DEWI (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN HYGIENE MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA DISABILITAS INTELEKTUAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (367kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab I.pdf
Download (211kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar Belakang: Remaja disabilitas intelektual memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman konseptual, sosial, dan praktis yang terbatas, sehingga mereka sulit memahami pentingnya hygiene menstruasi. Hygiene menstruasi masih dianggap tabu, sedangkan banyak remaja disabilitas intelektual yang membutuhkan informasi hygiene menstruasi. Pemberian pendidikan kesehatan hygiene menstruasi merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan remaja disabilitas intelektual dalam menunjang kemandirian hygiene menstruasi pada remaja disabilitas intelektual.Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan hygiene menstruasi terhadap tingkat pengetahuan pada remaja disabilitas intelektual. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode quasy-eksperimental dan rancangan penelitian one-group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 remaja disabilitas intelektual. Hasil: Hasil uji Wilcoxon diperoleh asymp. Sig. (2 tailed) sebesar < 0.001 (p < 0.05) yang artinya pendidikan kesehatan hygiene menstruasi secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan remaja disabilitas intelektual. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan hygiene menstruasi terhadap tingkat pengetahuan yang dimiliki remaja disabilitas intelektual.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Health Education, Menstrual Hygiene, Knowledge Level, Intellectual Disabilities |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47571 |