EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MODEL KAMPANYE DESAK ANIES DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA

ADINDA IFA SAPUTRI (2024) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MODEL KAMPANYE DESAK ANIES DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anies Baswedan dan tim kampanye memanfaatkan program kampanye Desak Anies sebagai strategi komunikasi untuk memperoleh dukungan, terutama dari kalangan mahasiswa. Pada program Desak Anies mencoba mengubah paradigma kampanye yag biasa dengan mengambil pendekatan yang lebih santai dan interaktif, yang bertujuan untuk lebih memahami keinginan dan kebutuhan milenial dan generasi Z yang saat ini di dominasi oleh mahasiswa. Tujuanpenelitian ini ingin mengukur efektivitas komunikasi dari model kampanye Desak Anies berdasarkan perspektif mahasiswa dan faktor penghambat dari efektifitas program dengan menggunakan teori efektifitas dari Campbell J.P. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima indikator yang digunakan untuk mengukur efektivitas komunikasi, yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, serta pencapaian tujuan menyeluruh. Dari kelima indikator program Desak Anies telah menunjukkan efektifitas dalam beberapa aspek, namun secara keseluruhan kampanye Desak Anies belum memenuhi semua kriteria komunikasi yang efektif. Faktor internal penghambat penyelenggaran program kampanye Desak Anies terletak pada persiapan program yang dilakukan dalam waktu singkat. Faktor eksternal yang menjadi penghambat adalah persoalan perizinan tempat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Communication Effectiveness, Desak Anies, Campaign
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:02
Last Modified: 19 Aug 2024 07:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47584

Actions (login required)

View Item
View Item