PENGARUH PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA ONLINE PADA GENERASI Z DI DESA BRENGKOK KECAMATAN BRONDONG LAMONGAN

NOVIA AIDILLA FITRI (2024) PENGARUH PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA ONLINE PADA GENERASI Z DI DESA BRENGKOK KECAMATAN BRONDONG LAMONGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemudahan dalam belanja online mengakibatkan terjadinya perilaku konsumtif. Hal tersebut bertentangan dengan prinsip konsumsi dalam Islam yang menganjurkan untuk memprioritaskan kebutuhan dan menghindari perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prinsip konsumsi Islam yaitu prinsip syariah, prinsip kuantitas, prinsip prioritas, prinsip sosial, dan kaidah lingkungan terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada Generasi Z di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Data diperoleh melalui kuesioner yang melibatkan 97 responden, dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan menyebarkan link google form kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip syariah dan prinsip kuantitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada Generasi Z di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan. Namun, prinsip prioritas, prinsip sosial, dan kaidah lingkungan tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif pada belanja online Generasi Z di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Principles of Consumption in Islam, Consumptive behavior, Online Shopping, Z Generation
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:24
Last Modified: 19 Aug 2024 01:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47617

Actions (login required)

View Item
View Item