NOVIA AIDILLA FITRI (2024) PENGARUH PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA ONLINE PADA GENERASI Z DI DESA BRENGKOK KECAMATAN BRONDONG LAMONGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab I.pdf
Download (3MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kemudahan dalam belanja online mengakibatkan terjadinya perilaku konsumtif. Hal tersebut bertentangan dengan prinsip konsumsi dalam Islam yang menganjurkan untuk memprioritaskan kebutuhan dan menghindari perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prinsip konsumsi Islam yaitu prinsip syariah, prinsip kuantitas, prinsip prioritas, prinsip sosial, dan kaidah lingkungan terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada Generasi Z di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Data diperoleh melalui kuesioner yang melibatkan 97 responden, dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan menyebarkan link google form kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip syariah dan prinsip kuantitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada Generasi Z di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan. Namun, prinsip prioritas, prinsip sosial, dan kaidah lingkungan tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif pada belanja online Generasi Z di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Principles of Consumption in Islam, Consumptive behavior, Online Shopping, Z Generation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:24 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47617 |