M FAIZAL AL FARIZI (2024) HUBUNGAN LITERASI DAN SELF-AWARENESS TENTANG KESEHATAN JIWA PADA MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (594kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Bab I.pdf
Download (120kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (30kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Self-awareness adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan mengenali perasaan serta alasan di baliknya, serta menyadari dampak hidupnya terhadap orang yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada masalah kesehatan mental. Literasi adalah salah satu faktor yang membuat self-awareness seseorang tinggi. Di lingkungan kampus, stigma negatif terhadap kesehatan jiwa mengakibatkan mahasiswa enggan memanfaatkan bantuan psikologis yang tersedia. Stigma ini muncul karena rendahnya literasi dan self-awareness mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuann untuk mengetahui hubungan antara literasi dan self-awareness tentang kesehatan jiwa pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan deskriptif korelasional. Menggunakan sampel 103 dengan teknik Probability sampling metode Cluster Random Sampling dengan rumus Slovin. hasil uji korelasi antara literasi dan self-awareness mengunakan uji koralasi Spearman di dapatkan hasil nilai signifikansi yaitu sebesar 0,019 (p < 0,05) yang berarti terdapat hubungan antara tingkat literasi dan self-awareness. Pada koefisien korelasi didapatkan nilai 0,231 yang berarti tingkat literasi dengan Self-awareness berhubungan lemah dan nilai positif menunjukkan arah hubungan searah. Hubungan searah ini artinya semakin tiggi skor tingkat literasi maka semakin tinggi pula skor Self-awareness ataupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literacy, Self-awreness, Students |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47620 |