DINUL QOYIMAH (2024) POLITICAL MARKETING KEPALA DESA BERTATO: ANALISIS KETERPILIHAN WELAS YUNI NUGROHO PADA PILKADES PURWASABA, KECAMATAN MANDIRAJA, KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (624kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab I.pdf
Download (502kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali terkait political marketing yang digunakan oleh Welas Yuni Nugroho dalam memenangkan Pilkades Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Data dikumpulkan melalui metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara bersama 30 narasumber terkait untuk memperoleh informasi yang kemudian di analisis menggunakan teknik interactive model. Adapun teori yang digunakan untuk membantu peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah teori political marketing menurut Peter Nifenneger yang terdiri dari produk, promosi, harga, dan tempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poilitical marketing yang digunakan oleh Welas Yuni Nugroho terbukti efektif dalam memenangkan Pilkades Purwasaba, dibuktikan dengan perolehan suara yang didapatkan lebih unggul daripada kandidat yang lain. Dari keempat indikator yang ada, indikator harga menjadi pengaruh terbesar dalam meraup suara masyarakat pasalnya politk uang memberikan pengaruh signifikan dalam meraih kemenagan. Kemudian disusul dengan indikator produk yang menunjukkan bahwa latar belakang keluarga memberikan pengaruh besar dalam proses kemangan Welas Yuni Nugroho. Sedangkan untuk tempat dan harga sama-sama memiliki pengaruh, namun tidak sebesar harga dan produk karena keduanya tidak terlalu memiliki pengaruh yang cukup besar berdasarkan bukti yan ditemukan pada lapangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Political Marketing, Village Head Election, Politics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47633 |