POLITICAL MARKETING KEPALA DESA BERTATO: ANALISIS KETERPILIHAN WELAS YUNI NUGROHO PADA PILKADES PURWASABA, KECAMATAN MANDIRAJA, KABUPATEN BANJARNEGARA

DINUL QOYIMAH (2024) POLITICAL MARKETING KEPALA DESA BERTATO: ANALISIS KETERPILIHAN WELAS YUNI NUGROHO PADA PILKADES PURWASABA, KECAMATAN MANDIRAJA, KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali terkait political marketing yang digunakan oleh Welas Yuni Nugroho dalam memenangkan Pilkades Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Data dikumpulkan melalui metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara bersama 30 narasumber terkait untuk memperoleh informasi yang kemudian di analisis menggunakan teknik interactive model. Adapun teori yang digunakan untuk membantu peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah teori political marketing menurut Peter Nifenneger yang terdiri dari produk, promosi, harga, dan tempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poilitical marketing yang digunakan oleh Welas Yuni Nugroho terbukti efektif dalam memenangkan Pilkades Purwasaba, dibuktikan dengan perolehan suara yang didapatkan lebih unggul daripada kandidat yang lain. Dari keempat indikator yang ada, indikator harga menjadi pengaruh terbesar dalam meraup suara masyarakat pasalnya politk uang memberikan pengaruh signifikan dalam meraih kemenagan. Kemudian disusul dengan indikator produk yang menunjukkan bahwa latar belakang keluarga memberikan pengaruh besar dalam proses kemangan Welas Yuni Nugroho. Sedangkan untuk tempat dan harga sama-sama memiliki pengaruh, namun tidak sebesar harga dan produk karena keduanya tidak terlalu memiliki pengaruh yang cukup besar berdasarkan bukti yan ditemukan pada lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Political Marketing, Village Head Election, Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:30
Last Modified: 02 Aug 2024 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47633

Actions (login required)

View Item
View Item