DIAN RIZKY RIDHOLAKSONO (2024) EVALUASI KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN DI XT SQUARE YOGYAKARTA DAN ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI SEKITARNYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab I.pdf
Download (70kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (832kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pertumbuhan pembangunan perbelanjaan di Yogyakarta berkembang semakin pesat dari tahun ke tahun. Meningkatnya pengunjung akan menyebabkan peningkatan khususnya pada bagian tempat parkir. Hal ini perlu diperhatikan karena pengaturan parkir yang baik membuat pengguna area parkir dan arus lalu lintas di kawasan tersebut merasa nyaman, aman, dan lancar. Tujuan penelitian ini adalah a) menghitung jumlah kendaraan mobil dan motor, b) menganalisis karakteristik parkir, c) menganalisis pola parkir, dan d) menganalisis tundaan (delay) lalu lintas. Penelitian yang dilaksanakan di XT Square Yogyakarta pada hari Sabtu 23 Desember 2023 jam 07:00 - 22:00, mengumpulkan data di lapangan melalui survei kendaraan yang masuk dan keluar dari lokasi penelitian. Menghitung karakteristik parkir dan jumlah hambatan lalu lintas pada kendaraan pada pintu masuk XT Square Yogyakarta. Akumulasi motor tertinggi adalah 175 kendaraan yang terjadi pukul 14:15 - 14:30 WIB, sedangkan untuk mobil terjadi antara pukul 21:15 – 21:30 WIB sebesar 44 kendaraan. Volume parkir untuk motor 867 kendaraan dan mobil 423 kendaraan. Turnover tertinggi motor 4,05 kendaraan/hari/ruang dan untuk mobil 5,29 kendaraan/hari/ruang dengan indeks parkir maksimal untuk motor didapatkan hasil sebesar 81,87 % dan sebesar 55 % untuk mobil. Durasi motor dan mobil 15-30 menit dengan 158 kendaraan dan 15- 30 menit dengan 99 kendaraan. Hambatan terbanyak terjadi pada pukul 18:34 dengan 3 mobil dan 2 motor. Tundaan terlama pada pukul 16:38 sebesar 10 detik. Parkir optimal adalah konsep parkir yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan ruang parkir dengan mengatur dan merencanakan tata letak penggunaan area parkir sehingga memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif dan efisien. Optimalisasi parkir XT Square untuk mobil menggunakan sudut 60° dan untuk motor sudut 90°.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parking accumulation, traffic impact, parking space capacity, parking optimization |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:48 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47681 |