ALVIN FERDIANSAH (2024) KOMODIFIKASI NILAI KEISLAMAN PADA FILM KHANZAB(ANALISIS WACANA KRITIS MODEL TEUN A. VAN DIJK). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi nilai keislaman pada film Khanzab yang meliputi nilai akidah, ibadah, akhlak, dan muamalah untuk para penonton film agar lebih bijak dan kritis dalam memahami eksploitasi nilai keislaman yang dinilai berlebihan dalam film horor saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif menggunakan teori analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk. Dalam teori analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk terdapat tiga unit dimensi yang diperlukan dalam menilai wacana dalam suatu karya yakni teks, konteks, dan kognisi sosial. Menurut van Dijk penelitian wacana tidak cukup hanya didasarkan pada teks semata, karena teks tersebut merupakan hasil praktek produksi yang harus dianalisis pula. Pasalnya suatu teks tidak akan terbentuk tanpa adanya hal yang mendasari pembuat teks untuk memproduksinya. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pada dimensi teks, komodifikasi nilai keislaman yang kerap kali ditunjukkan dalam film terdapat pada elemen grafis yakni menyoroti adegan salat, 2) pada dimensi konteks, hal yang melatarbelakangi dibentuknya wacana keislaman pada film horor, disebabkan fenomena sosial masyarakat Indonesia yang masih meyukai hal-hal yang berbau mistis serta agama Islam menjadi institusi sakral yang kerap dijadikan komodifikasi pada film horor sejak Orde Baru, 3) pada dimensi kognisi sosial, ditemukan bahwa idealisme dari penulis cerita serta pengalaman horor dari sang sutradara, membuat film Khanzab ini diproduksi sebagai representasi dari fenomena sosial yang ada.
Dosen Pembimbing: | Rhafidilla Vebrynda, S.I.Kom., M.I.Kom. | NIDN0515029201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Commodification, Islamic Values, Critical Discourse Analysis |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |