KAMPANYE PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS RESEPSI PESAN KAMPANYE PADA KONTEN #LOVEAVOSKINLOVEEARTH DI AKUN @AVOSKINBEAUTY

DEA MALA SEPHIA (2024) KAMPANYE PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS RESEPSI PESAN KAMPANYE PADA KONTEN #LOVEAVOSKINLOVEEARTH DI AKUN @AVOSKINBEAUTY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Maraknya penggunaan produk perawatan kulit serta kosmetik menimbulkan permasalahan baru, yakni limbah penggunaan produk tersebut. Love Avoskin Love Earth merupakan program yang diadakan secara online dan offline guna meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak terhadap konten Kampanye #LoveAvoskinLoveEarth pada akun Instagram @avoskinbeauty dalam meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi milik Stuart Hall. Stuart Hall mengkategorikan pemaknaan khalayak terhadap tiga posisi, yaitu posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Informan pada penelitian ini dipilih berdasarkan kategori rentang usia 20 sampai 64 tahun, Pengikut akun Instagram @avoskinbeauty dan aktivis atau pegiat lingkungan.Hasil penelitian menunjukkan mayoritas khalayak berada pada posisi negosiasi. Pada posisi ini khalayak secara umum mendukung kegiatan pelestarian lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth serta merasa termotivasi untuk melakukan pelestraian lingkungan tetapi tidak setuju apabila seluruh konten #LoveAvoskinLoveEarth dimaknai sebagai konten pelestraian lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Environmental conservation, reception analysis, Instagram
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2024 09:14
Last Modified: 05 Aug 2024 09:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47735

Actions (login required)

View Item
View Item