DEA MALA SEPHIA (2024) KAMPANYE PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS RESEPSI PESAN KAMPANYE PADA KONTEN #LOVEAVOSKINLOVEEARTH DI AKUN @AVOSKINBEAUTY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Maraknya penggunaan produk perawatan kulit serta kosmetik menimbulkan permasalahan baru, yakni limbah penggunaan produk tersebut. Love Avoskin Love Earth merupakan program yang diadakan secara online dan offline guna meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak terhadap konten Kampanye #LoveAvoskinLoveEarth pada akun Instagram @avoskinbeauty dalam meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi milik Stuart Hall. Stuart Hall mengkategorikan pemaknaan khalayak terhadap tiga posisi, yaitu posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Informan pada penelitian ini dipilih berdasarkan kategori rentang usia 20 sampai 64 tahun, Pengikut akun Instagram @avoskinbeauty dan aktivis atau pegiat lingkungan.Hasil penelitian menunjukkan mayoritas khalayak berada pada posisi negosiasi. Pada posisi ini khalayak secara umum mendukung kegiatan pelestarian lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth serta merasa termotivasi untuk melakukan pelestraian lingkungan tetapi tidak setuju apabila seluruh konten #LoveAvoskinLoveEarth dimaknai sebagai konten pelestraian lingkungan.
Dosen Pembimbing: | Twediana Budi Hapsari, S.Sos., M.Si., Ph.D. | NIDN0525057301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Environmental conservation, reception analysis, Instagram |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 09:14 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 09:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |