MADU'U RIZKY MAULANA (2024) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (420kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Bab I.pdf
Download (179kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sikap disiplin belajar seseorang terhadap peraturan yang ada merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan temuan di SMA Muhammadiyah 1 Bantul terdapat beberapa siswa memiliki kedisiplinan belajar yang baik namun siswa kurang disiplin belajar yang memiliki hasil prestasi belajar kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bantul serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret sampai 15 April 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa, sedangkan metode korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kedisiplinan belajar siswa adalah angket yang terdiri dari 40 soal. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan nilai hasil raport semester ganjil tahun ajaran 2023-2024. Setelah dilakukan pengukuran terhadap kedisplinan belajar siswa, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 67, ini berarti kedisiplinan belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bantul berada pada tingkat sedang. Sedangkan setelah dilakukan pengukuran terhadap prestasi belajar siswa, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 80, ini berarti prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiayh 1 Bantul berada pada tingkat sedang. Untuk mengetahui tingkat hubungan antara kedisplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, digunakan rumus korelasi dari karl pearson. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai 0,197 menunjukan bahwa terdapat hubungan namun, hanya saja hubungannya rendah. hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bantul hanya saja rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discipline, learning achievement, students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47742 |