ANNISA RAHMAH FAUZIYYAH (2024) INTERFERENSI BUDAYA TERHADAP TARTIL AL-QUR’AN PADA MASYARAKAT SUNDA (STUDI KASUS PADA KELOMPOK BELAJAR AL-QUR’AN TILAWATI LEARNING CENTRE KOTA BANDUNG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (660kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Bab I.pdf
Download (546kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (517kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, budaya memiliki pengaruh besar terhadap dialek atau cara pengucapan lisan setiap orang. Pengaruh tersebut dapat menginterferensi pengucapan terhadap pengucapan lainnya yang bukan berasal dari daerah tersebut. Kita ketahui bersama bahwa bahasa Arab adalah bahasa asing yang beberapa hurufnya (hijaiyah) tidak ada pada pelafalan masyarakat Sunda. Hal ini menyebabkan cara masyarakatkan sunda dalam membaca Al-Qur’an menggunakan dialek Sunda. Dengan ini dapat dipahami bahwa cara pelafalan Al-Qur’an masyarakat Sunda tidak sesuai dengan pelafalan semestinya, karena sudah terinterferensi oleh budaya Sunda tersebut. Hadir di tengah-tengah masyarakat Sunda sebuah lembaga yang fokus terhadap pembenahan pelafalan masyarakat Sunda yang telah terinterferensi oleh budaya. Lembaga tersebut adalah Tilawati Learning Centre. Yang berada di Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Culture, Interference, Sundanese people, Hijaiyyah Letters |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 06:15 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 06:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47785 |