MUHAMMAD NAJLA ULAYYA (2024) STRATEGI PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS MUHAMMADIYAH 1 MUNGKID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan TikTok sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan latar belakang semakin pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar, Belajar Merdeka, penelitian ini memfokuskan pada implementasi TikTok sebagai media pembelajaran aktif. Metode penelitian yang kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan siswa, kepala sekolah, dan wali kelas, serta observasi pada proses pembelajaran di kelas VIII MTs Muhammadiyah Mungkid. Teknik analisis penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi menggunakan TikTok secara efektif meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperbaiki kualitas interaksi dalam kelas, dan meningkatkan pemahaman materi. Meskipun demikian, beberapa kendala seperti gangguan kelas dan masalah teknis internet diidentifikasi, yang di atasi dengan strategi manajemen kelas yang tepat. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang berguna dalam memperkaya pembelajaran kelas dan meningkatkan prestasi siswa.
Dosen Pembimbing: | Halim Purnomo, Dr., M.Pd.I. | NIDN0411078103 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Active Learning, Learning Effectiveness, Merdeka Belajar Curriculum, Classroom Management |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 03:59 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 03:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |