STRATEGI PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS MUHAMMADIYAH 1 MUNGKID

MUHAMMAD NAJLA ULAYYA (2024) STRATEGI PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS MUHAMMADIYAH 1 MUNGKID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan TikTok sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan latar belakang semakin pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar, Belajar Merdeka, penelitian ini memfokuskan pada implementasi TikTok sebagai media pembelajaran aktif. Metode penelitian yang kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan siswa, kepala sekolah, dan wali kelas, serta observasi pada proses pembelajaran di kelas VIII MTs Muhammadiyah Mungkid. Teknik analisis penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi menggunakan TikTok secara efektif meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperbaiki kualitas interaksi dalam kelas, dan meningkatkan pemahaman materi. Meskipun demikian, beberapa kendala seperti gangguan kelas dan masalah teknis internet diidentifikasi, yang di atasi dengan strategi manajemen kelas yang tepat. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang berguna dalam memperkaya pembelajaran kelas dan meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Active Learning, Learning Effectiveness, Merdeka Belajar Curriculum, Classroom Management
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 10 Aug 2024 03:59
Last Modified: 10 Aug 2024 03:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47803

Actions (login required)

View Item
View Item