MUHAMMAD RIZA ISLAMI PRATAMA (2024) PERAN MARKETPLACE TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM PADA SENTRA KERAJINAN GERABAH KASONGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF SYARIAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Bab I.pdf
Download (429kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (368kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (743kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju memberikan dampak yang besar bagi setiap bidang dalam kehidupan manusia. Bidang ekonomi atau bisnis menjadi salah satu bidang yang mengalami dampak dari majunya perkembangan teknologi tersebut. Contoh yang dari perkembangan teknologi informasi ialah munculnya marketplace. Di mana dengan munculnya marketplace yang banyak membantu kebutuhan masyarakat baik dari memesan makanan, tiket, pulsa, listrik, furniture, bahkan sampai dengan alat kerajinan dari gerabah yang dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di Kasongan, Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Marketplace terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan dalam upaya melakukan pertumbuhan dari perspektif pemasaran Syariah dan mengetahui dampak adanya Marketplace terhadap peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan dari perspektif pemasaran Syariah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan mengambil sampel beberapa pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sentra kerajinan gerabah daerah Kasongan Yogyakarta.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Marketplace memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan. Melalui pemanfaatan platform digital ini, pelaku usaha dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan visibilitas produk, dan membangun kepercayaan konsumen. Dalam konteks pemasaran Syariah, Marketplace yang menerapkan prinsip-prinsip etis dan sesuai dengan ajaran Islam dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, pelaku usaha juga perlu mengatasi tantangan yang ada melalui strategi yang tepat, seperti peningkatan kualitas produk dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan demikian, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kasongan dapat memanfaatkan potensi penuh dari Marketplace untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan daya saing di pasar global.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketplace, Kasongan Pottery Craft Center, Sharia |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 02:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47813 |