FA'IQ RAIHAN AFIFYANTO (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARJIN PEMASARAN BAWANG MERAH RAMAH LINGKUNGAN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (856kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab I.pdf
Download (75kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (767kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (710kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alur dan lembaga pemasaran bawang merah ramah lingkungan Desa Srikayangan, mengetahui besarnya marjin, biaya, dan keuntungan pemasaran dari bawang merah ramah lingkungan Desa Srikayangan, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran bawang merah Desa Srikayangan. Penelitian ini menggunakan data primer terhadap 38 petani dan 42 lembaga pemasaran. Data dianalisis menggunakan analisis marjin, biaya, keuntungan, dan uji regresi (R²,F, dan t) dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil menunjukkan terdapat 8 alur pemasaran bawang merah ramah lingkungan Kulon Progo yang melibatkan 8 lembaga pemasaran didalamnya. Pada penelitian ini marjin pemasaran tertinggi berada pada saluran pemasaran VIII yang berakhir di pasar Kramat Jati dan Cijantung sebesar Rp 17.180/kg, yang terendah berada pada saluran pemasaran IV yang berakhir di pasar Gumelar dengan marjin Rp 8.873/kg. Biaya pemasaran terendah berada pada saluran pemasaran I yang berakhir di konsumen akhir dengan biaya Rp 1.848/kg, sedangkan yang tertinggi berada pada saluran pemasaran VII yang berakhir di pasar Cikarang dengan biaya Rp 4.064/kg. Keuntungan pemasaran tertinggi berada pada saluran pemasaran VIII dengan keuntungan Rp 13.456/kg, untuk yang terendah berada pada saluran pemasaran IV dengan keuntungan Rp 6.486/kg. Hasil uji regresi menunjukkan R square yang ditemukan adalah 1,00 maka variabelvariabel independen pada model persamaan regresi 100% dapat menjelaskan variabel dependen yaitu marjin. Hasil uji F menunjukkan hasil signifikansi F 0,000 < 0,01. Artinya variabel-variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi marjin pemasaran bawang merah ramah lingkungan pada tingkat kesalahan (α) 1%. Hasil uji t terdapat biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, dan jumlah lembaga pemasaran yang berpengaruh positif terhadap marjin pemasaran, sedangkan harga ditingkat pengecer dan jarak pemasaran berpengaruh negatif terhadap marjin pemasaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shallots, Environmentally Friendly, Cost, Income, Profit |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 01:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 01:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47824 |