RIKO SURYA ANGGARA (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI SAKURA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab I.pdf
Download (164kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (742kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (682kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pelayanan publik oleh pemerintah sejauh ini dapat dikatakan berubah semenjak adanya Pandemi Covid-19. Sebelum masa pandemi, pelayanan publik masih banyak dilakukan secara manual dimana pertemuan tatap muka langsung antara pemberi layanan dan penerimaan layanan. Dalam melaksanakan pelayanan public Pemerintah Kabupaten Klaten melakukan inovasi yaitu dengan melakukan smart governance dengan menggunakan Smart Technology. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi yang bernama Sakura. Hal ini dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat melalui program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Go Digital. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik berbasis aplikasi Sakura pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelayanan publik berbasis aplikasi Sakura pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah empiris karena peneliti mencari dan mengolah data dilapangan supaya menjadi suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Sakura ini sudah berjalan dengan efektif karena memberikan kemudahan serta memfasilitasi pengguna layananan dalam menyelesaikan kebutuhan masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi pelayanan publik adalah faktor jaringan, faktor kesadaran masyarakat, faktor sarana prasarana serta faktor ketepatan waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sakura Application, Effectiveness, Public Service |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47905 |