EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI SAKURA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KLATEN

RIKO SURYA ANGGARA (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI SAKURA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik oleh pemerintah sejauh ini dapat dikatakan berubah semenjak adanya Pandemi Covid-19. Sebelum masa pandemi, pelayanan publik masih banyak dilakukan secara manual dimana pertemuan tatap muka langsung antara pemberi layanan dan penerimaan layanan. Dalam melaksanakan pelayanan public Pemerintah Kabupaten Klaten melakukan inovasi yaitu dengan melakukan smart governance dengan menggunakan Smart Technology. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi yang bernama Sakura. Hal ini dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat melalui program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Go Digital. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik berbasis aplikasi Sakura pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelayanan publik berbasis aplikasi Sakura pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah empiris karena peneliti mencari dan mengolah data dilapangan supaya menjadi suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Sakura ini sudah berjalan dengan efektif karena memberikan kemudahan serta memfasilitasi pengguna layananan dalam menyelesaikan kebutuhan masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi pelayanan publik adalah faktor jaringan, faktor kesadaran masyarakat, faktor sarana prasarana serta faktor ketepatan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sakura Application, Effectiveness, Public Service
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:34
Last Modified: 02 Sep 2024 08:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47905

Actions (login required)

View Item
View Item