STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN MAGELANG DALAM MEMPROMOSIICAN WISATA DI KABUPATEN MAGELANG MELALUI VIDEO PENDEK DAN LOMBA VIDEOGRAM TAHUN 2016-2017

:Zuliyanto STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN MAGELANG DALAM MEMPROMOSIICAN WISATA DI KABUPATEN MAGELANG MELALUI VIDEO PENDEK DAN LOMBA VIDEOGRAM TAHUN 2016-2017. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (17MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi melalui video pendek dan lomba videogram dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Magelang yang dilakukan oleh pihak DISPARPORA Kabupaten Magelang tahun 2016-2017. Promosi ini dilakukan karena tahun 2013-2015 peningkatan wisatwan yang berkunjung ke Kabupaten Magelang menururun, tidak seperti tahun 2012-2013 yang lumayan banyak. Karena dari tahun ke tahun kegiatan promosi hampir sama, dan terbilang kurang, maka pada tahun 2016-2017 DISPARPORA Kabupaten Magelang menambah kegiatan promosi baru, yaitu pembuatan video pendek tahun 2016 dan 2017 serta mengadakan lomba videogram tahun 2017. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan empat langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data terakhir kesimpulan. Teknik pemeriksaan data mengunakan trigulasi sumber dan trigulasi teknik, dan pembahasan menggunakan teori milik Cravens (1998). Hasil penelitian ini memperlihatkan strategi promosi melalui video pendek dan lomba videogram yang dilakukan oleh DISPARPORA Kabupaten Magelang, terbilang berhasil dan tertuju karena mendapakan respon positif dari wisatawan yang melihat video pendek dan video hasil lomba videogram yang diunggah pada media online. Terbukti pada tahun 2015-2016 dan 2016-2017 peningkatan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Magelang kembali naik seperti tahun 2012-2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video pendek, Videogram, Kompetisi, Wisatawan, Promosi, dan Pengunjung
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:06
Last Modified: 30 Aug 2024 03:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47920

Actions (login required)

View Item
View Item