Aditya Herwanto Pengaruh Tekhnik Distraksi Dengan Video Games Menggunakan Virtual Reality Dalam Menurunkan Kecemasan Anak Masa Operasional Konkrit di RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (913kB)
BAB. I.pdf
Download (1MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang Distraksi merupakan teknik yang relatif aman, serta menimbulkan pengalaman santai yang efektif dalam prosedur perawatan gigi. Teknik distraksi dengan virtual reality menawarkan gambar lebih mendalam dengan memproyeksikan gambar tepat di depan mata serta akan mengalihkan rangsangan dan dunia nyata. Tujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik distraksi video games dengan virtual reality dalam menurunkan kecemasan anak masa operasional konkrit di RSGM UMY. Metode Penelitian ini menggunakan 34 pasien anak usia 7-11 tahun yang datang pertama kali ke RSGM UMY untuk melakukan perawatan gigi. Sebanyak 34 anak dibagi dalam dua kelompok yaitu 17 pasien dalam kelompok kontrol tidak diberi intervensi apapun dan 17 pasien anak di kelompok intervensi dengan video games menggunakan virtual reality ketika sedang dilakukan perawatan gigi. Setelah melakukan perawatan gigi, semua pasien tersebut akan diukur tingkat kecemasannya menggunakan alat ukur kecemasan MCDAS. Hasil Independent sample test menunjukkan p= 0,000 ( p<0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan intervensi. Uji selanjutnya dengan uji regresi dan hasilnya adalah p=0,041 (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh permainan video games menggunakan virtual reality dalam menurunkan tingkat kecemasan anak. Besar pengaruh video games menggunakan virtual reality dalam menurunkan tingkat kecemasan anak berdasarkan uji regresi adalah 24,9%. Kesimpulan Distraksi video games dengan virtual reality berpengengaruh dalam menurunkan tingkat kecemasan anak masa operasional konkrit yang datang ke RSGM UMY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan anak, Operasional konkrit, Video games, Virtual reality |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 02:14 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 02:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47927 |