STRATEGI POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN CITRA BATIK DI KANCAH INTERNASIONAL

ACHMAD ADAM RAMZHY (2024) STRATEGI POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN CITRA BATIK DI KANCAH INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi membahas tentang Strategi Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Meningkatkan Citra Batik di Kancah Internasional. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya takbenda pada tahun 2009. Pengakuan ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk mempromosikan batik kepada dunia yang dilakukan melalui jalur diplomasi budaya dan Kerjasama internasional. Penelitian ini menggunakan teori diplomasi budaya, diplomasi public, politik luar negeri dan soft power, dengan metode penilitian kualitatif, deskriptif, dan analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Indonesia melakukan berbagai upaya seperti diplomasi, pameran internasional, ekspor batik hingga kerjasama antar negara untuk memperkenalkan sebagai identitas nasional. Strategi ini tidak hanya memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia, akan tetapi juga meningkatkan nilai budaya dan daya saing batik di pasar global. Penelitian ini memberikan informasi terkait strategi dan upaya yang dilakukan oleh Indonesia dalam mempromosikan batik di kancah internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Batik Image, International Promotion, Cultural Heritage
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:59
Last Modified: 21 Oct 2024 03:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48179

Actions (login required)

View Item
View Item