PERANCANGAN SISTEM TRANSMISI MOBIL PROTOTYPE LISTRIK

MANSUR S (2024) PERANCANGAN SISTEM TRANSMISI MOBIL PROTOTYPE LISTRIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemanasan global menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini, dan salah satu penyebab utamanya adalah efek rumah kaca. Efek ini banyak dipicu oleh emisi gas buang dari kendaraan. Untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan, pengembangan kendaraan listrik menjadi salah satu alternatif solusi. Agar kendaraan listrik bekerja optimal, diperlukan sistem transmisi yang efisien. Sistem transmisi sproket dan rantai adalah pilihan umum karena kemampuannya menyalurkan daya besar dengan biaya lebih rendah dibandingkan sistem transmisi lain. Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran sproket, material rantai, serta torsi, kecepatan, dan daya tahan. Perancangan ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan daya motor listrik yang akan digunakan pada kendaraan prototype listrik KHAD Eco Team dan menghitung serta merancang sistem transmisi sproket dan rantai yang sesuai kebutuhan.Sistem transmisi mobil prototype listrik KHAD Eco Team dirancang secara optimal dengan mengacu pada referensi dan kebutuhan spesifik mobil. Langkah pertama adalah menganalisis kebutuhan daya motor listrik. Setelah itu, perancangan sistem transmisi dimulai dengan menghitung setiap komponen, seperti gandar, sproket, rantai, dan bantalan. Setelah perancangan selesai, masing-masing komponen akan dimodelkan menggunakan software Autodesk Inventor 2023.Hasil analisis kebutuhan daya motor listrik pada mobil prototype listrik KHAD Eco Team didapatkan sebesar 408,03 watt, sehingga pemilihan Motor listrik Brushless Direct Current (BLDC) 500 watt termasuk kriteria yang aman. Desain transmisi yang dihasilkan memiliki diameter sproket depan 81,11 mm dan sproket belakang 91,25 mm, dengan rantai nomor 35 dan ukuran pitch 9,525 mm. konstruksi Sistem transmisi yang dirancang adalah jenis single sproket dengan sproket depan 25T dan sproket belakang 28T, serta rantai sepanjang 111 mata rantai. Gandar yang digunakan pada tromol belakang roda berukuran panjang 210 dengan diameter 15 mm, serta dengan ulir di sisi kanan dan kiri. Bantalan radial bola sudut tipe 6902 ZZ NTN yang digunakan memiliki umur nominal 2,5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: electric vehicle, transmission system, sprocket and chain, electric motor.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:59
Last Modified: 22 Oct 2024 01:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48240

Actions (login required)

View Item
View Item