Dwi Afrilian (2021) Kreativitas Guru pada Masa Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Nilai Karakter Religius Siswa di MI Muhammadiyah Sipedang Banjarnegara. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (825kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (841kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum 2013 yang mengutamakan pendidikan karakter, oleh karena itu diperlukan pendidik yang kreatif untuk tetap bisa menanamkan nilai karakter religius dimasa pembelajaran daring. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru pada pembelajaran daring dalam meningkatkan nilai karakter religius siswa di MI Muhammadiyah Sipedang Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 4, 5, 6, dan 4 siswa perwakilan kelas 4, 5, dan 6 MI Muhammadiyah Sipedang. Metode pengumpulan data dalam berbentuk observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulna dan uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi tekni, triangulasi waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Bentuk kreativitas guru dalam menanamkan nilai karakter religius sudah cukup kreatif dilihat dari beberapa metode yang biasa diterapkan. (2) Pembentukan karakter religius siswa dimasa pembelajaran daring hanya dilakukan menggunakan dua metode, metode mengajarkan melalui media visual diselingi dengan pemberian nasihat untuk menanamkan seluruh nilai karakter. (3) Terdapat dua faktor penghambat kreativitas guru dalam menanamkan nilai karakter religius pada saat pembelajaran daring yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Walaupun begitu pihak sekolah MI Muhammadiyah Sipedang masih terus berusaha memperbaiki hambatan dalam penanaman nilai karakter religius saat pembelajaran daring, dengan tetap mengadakan program wajib sholat dhuha, hafalan ayat-ayat ALpemasangan wifi dibeberapa tempat susah internet yang masih dalam tahap uji coba.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Nilai Karakter Religius
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:05 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4828 |