EKA ANGELIANI DIAS PUTRI (2024) PROMOTION STRATEGY OF BPSDMP KOMINFO YOGYAKARTA IN INCREASING THE NUMBER OF PARTICIPANTS IN THE DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) TRAINING PROGRAM IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (515kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab I.pdf
Download (434kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada tahun 2022 BPSDMP Kominfo Yogyakarta berhasil mendapati kenaikan jumlah peserta pada program pelatihan Digital Talents Scholarship (DTS) mencapai lebih dari jumlah minimum dari target yang ditetapkan, yakni 5.000 peserta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh BPSDMP Kominfo Yogyakarta dalam meningkatkan peserta dari program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2022. Kerangka teori yang digunakan mencakup perencanaan strategi promosi, implementasi bauran promosi dan evaluasi. Penelitian ini menerapkan metode diskriptif kualitatif untuk menguraikan secara rinci kejadian yang relevan, dengan tujuan mengungkap dan memperjelas fenomena yang ada. Data dikumpulkan secara menyeluruh, kemudian diidentifikasi, dibandingkan, dan dievaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, BPSDMP Kominfo Yogyakarta dalam mempromosikan program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) diterapkan beberapa bauran promosi seperti, menerapkan sistem Lobbying kepada pemda setempat dan sosialisasi kepada calon peserta (Public Relations and Publicity), pergelaran event Adirakarya 2022 (Event & Experiences), pemanfaatan kerja sama dengan pihak eksternal (Words of Mouth Marketing), dan pemanfaatan media sosial sebagai interactive media.pada pelaksanaan promosi selanjutnya BPSDMP Kominfo Yogyakarta perlu memiliki concept yang struktur pada kegiatan promosi yang dilakukan di social media yang dimiliki seperti menerapkan jadwal dan update terhadap trend pada kala itu. Serta dapat mengembangkan metode analisis yang lebih menyeluruh untuk menilai upaya promosi agar dapat mengukur keefektifan baik itu dari perencaanan seperti pemilihan wilayah maupun kegiatan promosi dengan data-data yang lebih baik dari setiap komponen promosi yang digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Training Program, DTS Training Program, BPSDMP Kominfo Yogyakarta 2022 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48313 |