PROMOTION STRATEGY OF BPSDMP KOMINFO YOGYAKARTA IN INCREASING THE NUMBER OF PARTICIPANTS IN THE DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) TRAINING PROGRAM IN 2022

EKA ANGELIANI DIAS PUTRI (2024) PROMOTION STRATEGY OF BPSDMP KOMINFO YOGYAKARTA IN INCREASING THE NUMBER OF PARTICIPANTS IN THE DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) TRAINING PROGRAM IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2022 BPSDMP Kominfo Yogyakarta berhasil mendapati kenaikan jumlah peserta pada program pelatihan Digital Talents Scholarship (DTS) mencapai lebih dari jumlah minimum dari target yang ditetapkan, yakni 5.000 peserta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh BPSDMP Kominfo Yogyakarta dalam meningkatkan peserta dari program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2022. Kerangka teori yang digunakan mencakup perencanaan strategi promosi, implementasi bauran promosi dan evaluasi. Penelitian ini menerapkan metode diskriptif kualitatif untuk menguraikan secara rinci kejadian yang relevan, dengan tujuan mengungkap dan memperjelas fenomena yang ada. Data dikumpulkan secara menyeluruh, kemudian diidentifikasi, dibandingkan, dan dievaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, BPSDMP Kominfo Yogyakarta dalam mempromosikan program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) diterapkan beberapa bauran promosi seperti, menerapkan sistem Lobbying kepada pemda setempat dan sosialisasi kepada calon peserta (Public Relations and Publicity), pergelaran event Adirakarya 2022 (Event & Experiences), pemanfaatan kerja sama dengan pihak eksternal (Words of Mouth Marketing), dan pemanfaatan media sosial sebagai interactive media.pada pelaksanaan promosi selanjutnya BPSDMP Kominfo Yogyakarta perlu memiliki concept yang struktur pada kegiatan promosi yang dilakukan di social media yang dimiliki seperti menerapkan jadwal dan update terhadap trend pada kala itu. Serta dapat mengembangkan metode analisis yang lebih menyeluruh untuk menilai upaya promosi agar dapat mengukur keefektifan baik itu dari perencaanan seperti pemilihan wilayah maupun kegiatan promosi dengan data-data yang lebih baik dari setiap komponen promosi yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promotion Strategy, Training Program, DTS Training Program, BPSDMP Kominfo Yogyakarta 2022
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:22
Last Modified: 21 Oct 2024 04:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48313

Actions (login required)

View Item
View Item