PELAKSANAAN MEDIA RELATIONS PT. RUANG RAYA INDONESIA DI SMAN 1 BANTUL UNTUK MENINGKATKAN PESERTA DIDIK RUANGGURU TAHUN 2024

DITTO CHOIRUL ANHAR (2024) PELAKSANAAN MEDIA RELATIONS PT. RUANG RAYA INDONESIA DI SMAN 1 BANTUL UNTUK MENINGKATKAN PESERTA DIDIK RUANGGURU TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, termasuk dalam pendidikan, telah memungkinkan platform seperti Ruangguru untuk membangun citra positif dan membedakan diri dari kompetitor melalui media relations yang efektif, serta memperluas jangkauan dan partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi media relations Ruangguru dalam mempromosikan bimbingan luring, mengidentifikasi hambatan, dan menilai efektivitas press release dan press conference dalam membangun branding, reputasi, dan akses pasar. Melalui metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus, penelitian ini menganalisis strategi media relations PT. Ruang Raya Indonesia dalam branding bimbingan luring dan menggunakan analisis data serta SWOT untuk mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi Ruangguru di Yogyakarta. Ruangguru berhasil mengintegrasikan strategi media relations untuk membangun citra positif sebagai mitra belajar terpercaya di pasar edtech yang kompetitif, menyoroti keunggulan program bimbingan luring, memperkuat reputasi sebagai inovator pendidikan, dan menciptakan interaksi positif dengan media dan masyarakat dalam strategi pemasaran dan komunikasi mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media relations, branding, Ruangguru, image, public engagement, education,strategic communication.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:08
Last Modified: 23 Oct 2024 07:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48339

Actions (login required)

View Item
View Item