THUFAILA SYAUQIA NANDA (2024) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PASIEN TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (387kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Bab I.pdf
Download (295kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (892kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan sebuah institusi kesehatan yang berfokus pada perawatan dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), RSGM UMY mengkombinasikan aspek pendidikan, penelitian, dan pelayanan. Strategi marketing public relations RSGM UMY bertujuan untuk meningkatkan jumlah pasien dengan membangun citra positif, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, dan memperkuat hubungan dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan edukatif, sosial, dan promosi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan Kepala Humas dan Marketing RSGM UMY dan juga didukung dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Marketing Public Relations di RSGM UMY menggunakan teori three ways strategy yaitu strategi pull, strategi push, dan strategi pass. Pelaksanaan Program Strategi Marketing Public Relations di RSGM UMY dilakukan untuk meningkatkan jumlah pasien dan membangun reputasi yang kuat di industri kesehatan. Melalui komunikasi dua arah, media relations, dan aktivitas sosial, RSGM UMY bertujuan memperkuat hubungan dengan masyarakat dan meningkatkan loyalitas serta dukungan jangka panjang. Yang pertama yaitu strategy pull ialah menciptakan pengenalan melalui kampanye dan konten edukatif di media sosial Instagram RSGM UMY. Konten informatif dan edukatif bertujuan membangun kredibilitas dan menarik minat masyarakat. Kedua yaitu strategy push ialah melibatkan media relations dan kolaborasi dengan influencer @wonderfuljogja. Press release melalui Kumparan dan kolaborasi bersama influencer @wonderfuljogja memastikan penyebaran informasi penting dan efektif, mempengaruhi persepsi publik, dan mendorong tindakan memilih layanan RSGM UMY. Yang ketiga strategy pass ialah aktivitas sosial seperti operasi bibir sumbing gratis dan study banding dengan beberapa universitas seperti Unisa dan UPH. Kegiatan ini menunjukkan kepedulian sosial, membangun citra positif, meningkatkan loyalitas masyarakat, dan memperkuat hubungan dengan mitra professional seperti Parahita.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations Strategy, Dental and Oral Hospital, Three Ways Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48360 |