PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KONSEP DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN: STUDI KASUS SMK N 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

AKMAL BASYIR (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KONSEP DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN: STUDI KASUS SMK N 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)

Abstract

Differentiated instruction merupakan pendekatan pembelajaran dengan menyesuaikan pada potensi, minat dan kebutuhan siswa. Peran kepala sekolah dalam menentukan kebijakan pada sekolahnya tentulah sangat penting begitu juga dengan penerapan kebijakan differentiated instruction di sekolah SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan differentiated instruction pada SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara peneliti berinteraksi secara langsung dengan kepala sekolah dan guru. Kemudian pengambilan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran implementasi differentiated instruction pada sekolah sudah terlaksana, utamanya pada diferensiasi proses. Namun demikian, dalam dokumen perencanaan pembelajaran tidak terdapat instruksi yang jelas berkaitan dengan implementasi differentiated instruction. Kepala sekolah sudah menjalankan perannya dengan baik. Meskipun demikian, dalam implementasi peran kepala sekolah masih bisa lebih dimaksimalkan lagi oleh kepala sekolah. Dalam mengimplementasikan peran, kepala sekolah aktif untuk terus berupaya melakukan dan menjalankannya dengan menggunakan pendekatan yang instruktif maupun humanis. Dalam prosesnya, evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tim asesor membutuhkan waktu yang lama. Sehingga jika terdapat ketidaksesuaian yang dilakukan oleh guru dalam mengajar, ada keterlambatan dalam proses perbaikan. Kemudian evaluasi yang dilakukan masih bersifat umum terkait pembelajaran, belum adanya evaluasi yang melihat bagaimana implementasi differentiated instruction. Walaupun demikian, hasil dari evaluasi terdapat perubahan dalam pola pengajaran yang dilakukan oleh guru. Perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya ini perlu untuk terus ditingkatkan dan dimaksimalkan sehingga para siswa merasa terfasilitasi dalam proses belajarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instruction, Principal's Role, Educational Leadership
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:46
Last Modified: 01 Nov 2024 02:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48438

Actions (login required)

View Item
View Item