MUHAMMAD FIRLI GIFARI (2024) EXPLORING STUDENTS' NARRATIVES ON VLOGGING TO SUPPORT THEIR MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (819kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab I.pdf
Download (156kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman siswa menggunakan vlog dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi bagaimana proses pembuatan vlog mendukung motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dan bagaimana mereka merefleksikan perkembangan bahasa mereka melalui vlog. Terdapat dua pertanyaan utama penelitian yang menjadi fokus: (1) Bagaimana proses pembuatan vlog mendukung motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris? (2) Bagaimana siswa merefleksikan perkembangan pembelajaran bahasa Inggrisnya sendiri melalui vlognya? Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur terhadap enam mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Temuan menunjukkan bahwa vlogging meningkatkan motivasi siswa dalam berbagai cara: vlogging mengharuskan mereka berbicara secara spontan, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik, mendorong penguasaan kosa kata, menumbuhkan pemikiran kritis, dan memberikan motivasi melalui pengakuan dan umpan balik dari pemirsa, serta a rasa pencapaian pribadi setelah menyelesaikan tugas vlog. Selain itu, vlogging memungkinkan siswa untuk merefleksikan perkembangan bahasa mereka dengan mengungkapkan kesalahan berbicara selama perekaman, membantu mereka mengeksplorasi keterampilan dan kepribadian bahasa mereka sendiri, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan melalui menonton ulang vlog, meningkatkan pengucapan dan kelancaran selama pengeditan, dan menggunakan aplikasi pengeditan video untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan. Hasil ini menunjukkan bahwa vlogging adalah metode yang berharga untuk memotivasi siswa dan mendorong refleksi dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | student narratives, vlogging, English language learning, motivation, reflection |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48490 |