NANDA NOOR ARRIKZA (2024) EXPLORING EFL STUDENTS' STRATEGIES TO MAXIMIZE LEARNING IN SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS ONLINE MODES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (995kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab I.pdf
Download (200kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan teknologi yang semakin meningkat oleh dosen, serta adopsi pembelajaran online sinkron dan asinkron sebagai alternatif metode tradisional, menuntut mahasiswa EFL untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran online guna meningkatkan hasil belajar mereka. Peneliti menemukan bahwa mahasiswa menghadapi tantangan dalam memahami materi selama pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh mahasiswa EFL untuk memaksimalkan pembelajaran dalam mode online sinkron dan asinkron. Penelitian ini dilakukan di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta Islam di Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan enam mahasiswa EFL angkatan 2020 yang telah terlibat dalam pembelajaran online. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa dalam pembelajaran online sinkron, mahasiswa menggunakan strategi seperti mencatat, berpartisipasi aktif, menjaga fokus, merekam layar, dan memilih perangkat. Untuk pembelajaran online asinkron, strategi yang digunakan meliputi mengatur waktu, membuat rencana belajar, memilih tempat belajar, mencari materi tambahan, dan membuat kelompok belajar. Temuan ini memiliki implikasi bagi desain dan pelaksanaan program pembelajaran online serta dapat menjadi referensi untuk penelitian lebih lanjut di bidang pendidikan online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | online learning, synchronous learning, asynchronous learning, students strategies, maximizing learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:06 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48508 |