EXPLORING EFL STUDENTS' STRATEGIES TO MAXIMIZE LEARNING IN SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS ONLINE MODES

NANDA NOOR ARRIKZA (2024) EXPLORING EFL STUDENTS' STRATEGIES TO MAXIMIZE LEARNING IN SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS ONLINE MODES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan teknologi yang semakin meningkat oleh dosen, serta adopsi pembelajaran online sinkron dan asinkron sebagai alternatif metode tradisional, menuntut mahasiswa EFL untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran online guna meningkatkan hasil belajar mereka. Peneliti menemukan bahwa mahasiswa menghadapi tantangan dalam memahami materi selama pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh mahasiswa EFL untuk memaksimalkan pembelajaran dalam mode online sinkron dan asinkron. Penelitian ini dilakukan di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta Islam di Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan enam mahasiswa EFL angkatan 2020 yang telah terlibat dalam pembelajaran online. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa dalam pembelajaran online sinkron, mahasiswa menggunakan strategi seperti mencatat, berpartisipasi aktif, menjaga fokus, merekam layar, dan memilih perangkat. Untuk pembelajaran online asinkron, strategi yang digunakan meliputi mengatur waktu, membuat rencana belajar, memilih tempat belajar, mencari materi tambahan, dan membuat kelompok belajar. Temuan ini memiliki implikasi bagi desain dan pelaksanaan program pembelajaran online serta dapat menjadi referensi untuk penelitian lebih lanjut di bidang pendidikan online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: online learning, synchronous learning, asynchronous learning, students strategies, maximizing learning
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:06
Last Modified: 28 Oct 2024 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48508

Actions (login required)

View Item
View Item