NURAISYAH (2024) SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS PERCEPTION TOWARD GOOGLE CLASSROOM AS LEARNING MEDIA DURING THE COVID-19 PANDEMIC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (717kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab I.pdf
Download (312kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (623kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (517kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Proses belajar mengajar di bidang pendidikan kini dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19. Hasilnya, Google Kelas menjadi salah satu dari banyak platform dan alat yang tersedia bagi pendidik untuk proses belajar mengajar online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas dan kendala yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam menggunakan Google Classroom selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana empat guru bahasa Inggris di sekolah menengah atas berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan refleksi untuk menjawab pertanyaan kegiatan, sedangkan untuk pertanyaan terkait kendala hanya menggunakan wawancara saja. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris memiliki beberapa aktivitas yang dilakukan di Google Classroom, yaitu menggunakan pengumuman kelas atau GDrive untuk memberikan instruksi, menggunakan berbagai materi e-learning dengan fitur lampiran, memberikan berbagai media video dan audio di forum kelas, menggunakan tugas kelas untuk memberikan teks bacaan, menilai siswa untuk membuat rekaman video untuk berlatih, menggunakan tugas kelas untuk memberikan kegiatan menulis sederhana dan menggunakan kuis dan kegiatan permainan dalam tugas kelas. Lebih lanjut peneliti menemukan beberapa kendala yang terjadi yaitu fasilitas yang belum memadai, terbatasnya akses untuk memantau siswa secara langsung, kurangnya motivasi siswa, kurangnya komunikasi antara guru dan siswa, kurangnya format postingan dan tugas Google Classroom serta belum tercapainya tujuan pembelajaran. Kesimpulannya, apapun tantangannya, Google Classroom berpotensi membantu siswa belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | covid-19 pandemic, google classroom, online learning, the activity, the obstacles. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:06 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48521 |