STRATEGI KOREA SELATAN DALAM EKSPANSI PRODUK KULINER MELALUI INDUSTRI HIBURAN KOREA: BAEK JONG WON CLASS

TALITHA ASTI YUNIAR SYAFITRI (2024) STRATEGI KOREA SELATAN DALAM EKSPANSI PRODUK KULINER MELALUI INDUSTRI HIBURAN KOREA: BAEK JONG WON CLASS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang strategi Korea Selatan dalam ekspansi produk kuliner melalui industri hiburan dengan program televisi Baek Jong Won Class sebagai objeknya. Menggunakan konsep soft power dari Joseph Nye, kemudian konsep kedua gastrodiplomasi dari Paul Rockower. Penelitian ini menemukan adanya peluang untuk mempromosikan produk kuliner melalui industri hiburan adalah cara yang lebih menarik dan modern. Makanan Korea Selatan banyak digemari oleh masyarakat internasional, dari makanan tradisional, minuman khas Korea Selatan, jajanan jalanan hingga makanan instan. Korea Selatan berhasil mengekspor budaya kulinernya dengan strategi ekspansi produk kuliner program televisi bertema kuliner dan memanfaatkan kepopuleran Korean Wave.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: South Korea, Television Entertainment Industry, Korean Wave, Soft Power, Gastrodiplomasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:48
Last Modified: 05 Nov 2024 02:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48628

Actions (login required)

View Item
View Item