DANDY PRAMUDIA (2024) PENERAPAN GAYA BELAJAR VISUAL PADA PELAJARAN QURAN HADITS DI SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (299kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab I.pdf
Download (106kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang dikenal dengan cara melihat pembelajaran dengan materi yang disajikan dengan visual seperti gambar, diagram, dan sesuatu yang dapat ditampilkan didepan layar untuk mempermudah dan mendukung para siswa agar dapat menyerap informasi dari materi guru yang disampaikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi terhadap hasil pemahaman dari hasil gaya belajar, strategi dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan efektifitas penerapan gaya belajar visual, serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi gaya belajar visual pada siswa di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul Yogyakarta. Peneliitan ini mengambil 3 responden, yang terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Quran Hadits, dan lima peserta didik. penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam kreadibilitas data.Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data dan juga verifikasi data. Hasil dari penelitian yang telahj dilakukan menunjukan bahwa ; 1) penerapan gaya belajar visual dilakukan dengan 3 tahap, yaitu melalui : pendataan, pelaksanaan, dan evaluasi penilaian. 2) strategi dan langkah-langkah untuk menerapkan gaya belajar yakni : pengembangan modul ajar berbasis visual, pelatihan guru dalam pengembangan metode gaya belajar visual. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan gaya belajar visual melalui faktor pendukung : minat dan keterlibatan siswa, fleksibilitas dalam pembelajaran, kreatifitas guru dalam menyusun rancangan desain pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat melalui : distraksi, paparan sinar cahaya, dan kurangnya pengawasan ketika pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Styles, Visual Learning, Quran and Hadith |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:13 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48661 |