HIMAWAN DWI PRASETYO (2024) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO REPUTASI PADA LEMBAGA FILANTROPI ISLAM DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (556kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (150kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (512kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen risiko reputasi pada lembaga filantropi Islam DIY. Studi kasus dilakukan pada LAZISMU DIY untuk mengidentifikasi manajemen risiko reputasi yang diterapkan, dan menganalisis kendala yang dihadapi dan solusi yang diteraokan. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZISMU DIY menerapkan konsep manajemen reputasi dengan menjaga hubungan baik dengan muzakki dan donatur. Pemeliharaan hubungan ini dilakukan melalui maintenance dan klasifikasi perilaku muzakki. Kegiatan tersebut dilakukan melalui dua program besar, yaitu penghimpunan dan penyaluran dana yang dikembangkan secara digitalisasi. Implementasi manajemen risiko reputasi di LAZISMU DIY dapat dilihat dari mitigasi yang dilakukan pada setiap bagian risiko, seperti melakukan double check terhadap setiap transaksi, melakukan cek pada mutasi rekening, backup data (dokumentasi, keuangan, dan penyaluran), maintenance, dan mengklasifikasikan muzakki sesuai cluster. Kendala internal termasuk infrastruktur dan SDM yang belum memadai, sementara kendala eksternal terkait penilaian buruk di media sosial. Mitigasi risiko mencakup penambahan SDM, perbaikan struktur organisasi, dan penguatan tim IT. Solusi meliputi backup data untuk mengatasi error system, pengadaan retail dan kotak infak, pembukaan booth pada event, digitalisasi massif melalui berbagai platform media sosial, dan kerjasama dengan lembaga lain. Promosi, edukasi, sosialisasi, dan transfer informasi juga menjadi bagian penting dalam menciptakan kesadaran dan kebutuhan donatur dalam kegiatan program.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Risk Management, Reputation Risk Management, Islamic Philanthropic Institutions, LAZISMU DIY, Reputation Risk Management Concept, Implementation of Reputation Risk Management, Obstacles, Solutions |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 05:57 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 05:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48690 |