Nur Syaifudin (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN SELF-DIRECTED LEARNING DENGAN PERFORMA TUTORIAL SEVEN JUMP PADA MAHASISWA PSIK FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (304kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Bab I.pdf
Download (477kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang: Self-Directed Learning (SDL) merupakan proses belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terhadap pengalaman belajar yang telah dijalani oleh semua mahsiswa. Salah satunya berupa tutorial seven jump yang terdapat dalam kelompok kecil yakni inti dari PBL. Dalam menjalankan tutorial, mahasiswa dibentuk dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan kasus yang diberikan oleh dosen.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan self-directed learning dengan performa tutorial seven jump pada mahasiswa PSIK FKIK UMY.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah non eksprimental dengan desain penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas muhammadiyah Yogyakarta fakultas kedokteran ilmu kesehatan program studi ilmu keperawatan tahun angkatan 2016, 2018, dan 2019 sejumlah 433 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 175 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji non-parametrik menggunakan analisis korelasi spearman rho.
Hasil: Diperoleh nilai signifikan (sig. 2-tailed) sebesar 0.000 (p<0.001) artinya terdapat hubungan yang bermakna antara kemampuan self-directed learning dengan performa tutorial seven jump.
Kesimpulan: Ada hubungan antara kemampuan self-directed learning dengan performa tutorial seven jump pada mahasiswa PSIK FKIK UMY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/498 |