Pengaruh Patient Centered Care Terhadap Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien di RS PKU Muhammadiyah Gamping

Muhammad Iqbal Hakiim Ghiffari (2021) Pengaruh Patient Centered Care Terhadap Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien di RS PKU Muhammadiyah Gamping. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p><strong>Background: </strong>Budaya keselamatan pasien merupakan aspek penting dari pelayanan kesehatan rumah sakit. Budaya keselamatan yang baik akan menciptakan pelayanan kesehatan yang lebih aman terhadap pasien supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Para stakeholder rumah sakit ingin meningkatkan budaya keselamatan pasien melalui permasalahan yang ada sebagaimana salah satunya adalah kurangnya komunikasi dan kolaborasi antar tenaga medis dalam melakukan perawatan kesehatan terhadap pasien. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan menempatkan patient centered care dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan yang berpusat pada pasien (<em>patient centered care</em>) akan membentuk dan mengembangkan tenaga medis dalam melakukan perawatan kepada pasien khususnya komunikasi dan kolaborasi sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien menjadi berkualitas. <strong>Methods: </strong>Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan rancangan <em>cross sectional</em> yang dilakukan pada 35 pasien (16 pria dan 19 wanita) dan 35 perawat (5 pria dan 30 wanita). Analisa data menggunakaan uji <em>Chi-square</em> dan uji multivariat regresi linier berganda. <strong>Results: </strong><em>Patient centered care</em> yang dinilai melalui PPIQ memberikan rata-rata hasil 71.31 dengan interpretasi baik. Budaya keselamatan pasien yang dinilai melalui kuesioner HSOPSC memberikan rata-rata hasil 66

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:08
Last Modified: 14 Dec 2021 07:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item
View Item