Vina Marliana Saputri (2021) ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN SISWA ABAD 21 PADA PROGRAM MUBALIGH HIJRAH DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (396kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab I.pdf
Download (183kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian bertujuan (1) mendeskripsikan program mubaligh hijrah (MH) sebagai program unggulan di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta yang telah mengakomodasi keterampilan 4C.(2) mengetahui hasil pengalaman belajar keterampilan 4C pada siswa dalam program Mubaligh Hijrah di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta.(3) menganalisis tingkat keberhasilan program Mubaligh Hijrah dalam membekalkan 4C pada siswa di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program Mubaligh Hijrah (MH) sebagai program unggulan di Madrasah Mu’alimaat Muhammadiyah Yogyakarta telah mengakomodasi keterampilan 4C dengan 4 cara yaitu adanya : kesadaran dari pihak penyusun program, upaya membangun keterampilan, upaya pengoptimalan keterampilan, dan upaya pemberian alternative solusi pada hambatan pengimplementasian keterampilan. (2) Program bermanfaat untuk meningkakan keterampilan komunikasi seperti berbicara didepan umum dan meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa sesuai dengan lawan bicaranya. Keterampilan kolaborasi mampu meningkatkan pengalaman dan kemampuan kerjasama yang baik bagi siswa dalam berorganisasi atau bermasyarakat. Berfikir kritis melatih siswa untuk melakukan banyak pertimbangan dalam menghadapi suatu masalah, mampu membuat perencanaan sebelum membuat keputusan. Kreativitas pada siswa meningkat dengan upaya yang terencana sehingga terjadi dorongan menuju peningkatan, pembaharuan dan penemuan. (3)Tingkat keberhasilan program membekalkan keterampilan 4C pada siswa Madrasah Mu’alimaat Muhammadiyah Yogyakarta secara keseluruhan cukup berhasil.
Kata Kunci : Keterampilan Siswa Abad 21, Program Mubaligh Hijrah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:49 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5024 |