Anissya Syarlin Wahyuni (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP NATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
Bab I.pdf
Download (871kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (914kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta., dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut. Penelitian ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan kurikulum 2013 khususnya mata pelajaran bahasa Arab dan juga meningkatkan keberhasilan proses belajar bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil objek penelitian di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, alat pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru bahasa Arab, dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara dilakukan baik bersamaan dengan pengumpulan data maupun sesudahnya, yakni mengumpulkan data harus diikuti dengan mengedit, mengklasifikasi, mereduksi, dan menyajikan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan,sebelum pembelajaran dimulai guru sudah menyiapkan silabus dan RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Pada tahap pelaksanaan, juga sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, yaitu dengan menggunakan pendekatan ilmiah (Scientific Approach) yang meliputi kegiatan: mengamati, menanya, eksperimen, asosiasi, dan komunikasi. Sedangkan pada proses pembelajaran menyentuh tiga aspek yaitu, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Serta untuk proses evaluasi, guru sudah menggunakan penilaian (Authentic Assesment). (2) faktor yang mempengaruhi Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terdapat tiga faktor yaitu, faktor guru, faktor peserta didik, dan faktor sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/517 |