HUBUNGAN DAMPAK BULLYING TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA

Silfia Wahyuni (2021) HUBUNGAN DAMPAK BULLYING TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

<p xss=removed>Masa remaja disebut sebagai masa transisi karena pada masa ini remaja sudah tidak masuk di masa anak-anak namun belum masuk ke masa dewasa. Remaja pada masa ini mengalami berbagai perubahan, salah satunya perubahan pada psikologisnya. Remaja yang pernah menjadi korban <em>bullying </em>akan memiliki dampak jangka panjang yang akan mempengaruhi kondisi psikologisnya dan perasaan tertekan serta tidak percaya diri. Masa remaja merupakan masa pembentukan konsep diri secara alami. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dampak <em>bullying </em>terhadap konsep diri remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan <em>cross sectional. </em>Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah dampak <em>bullying </em>dan konsep diri remaja. Sampel pada penelitian ini sebanyak 62 responden yang diambil dengan teknik <em>accidental sampling</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat dampak <em>bullying </em>pada responden dalam kategori sedang yaitu sebanyak 35 responden (56,5%) secara keseluruhan responden memiliki konsep diri negatif yaitu sebanyak 43 responden (69,4%). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara dampak <em>bullying </em>dengan konsep diri remaja dengan p value 0,958 (p > 0,05) dan r sebesar 0,007 dengan interpretasi sangat lemah. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi dampak <em>bullying </em>maka konsep diri pada remaja tersebut semakin negatif. Remaja diharapkan dapat meningkatkan konsep diri positif sebagai upaya tindakan pencegahan untuk mengurangi terjadinya dampak <em>bullying </em>pada remaja.</p>

<p xss=removed><strong><em>Kata kunci : </em></strong><em>Dampak Bullying, Konsep Diri, Remaja</em></p>

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:25
Last Modified: 15 Dec 2021 02:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item
View Item