Afifah Adaniyah (2021) KORELASI MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG PADA PEMBELAJARAN JITSUYOU KAIWA (Penelitian Terhadap Mahasiswa Tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (938kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (725kB)
Bab I.pdf
Download (394kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (906kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (628kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Minat, motivasi dan belajar sangat berkaitan erat dalam proses pembelajaran, karena setiap individu yang memiliki minat maka akan ada motivasi di dalam dirinya untuk belajar dengan baik. Dikarenakan adanya pandemic covid-19 pembelajaran mengalami perubahan dan dilakukan melalui sistem e-learning atau online dengan menggunakan platform yang sudah ditentukan oleh dosen pengampu. Banyak permasalahan yang ada pada pembelajaran secara online seperti, susahnya signal yang ada, kehabisan kouta, dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengatahui koresional (hubungan) antara motivasi belajar pada pembelajaran elearning dengan kemampuan berbicara bahasa Jepang pada pembelajaran Jitsuyou Kaiwa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan 2 cara yaitu, tes berupa rekaman suara (speach) dan untuk non tes berupa pengisian angket. Data tersebut lalu digabungkan dan dihitung menggunakan SPSS dan untuk mencari koefesien korelasinya menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling berhubungan antara motivasi belajar secara e-learning atau online dengan kemampuan berbicara pada pembelajaran Jitsuyou Kaiwa penelitian pada mahasiswa tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan oleh besarnya nilai r hitung lebih besar daripada r tabel pada taraf signifikan 5% yaitu, 0,824 > 0,396.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:53 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 04:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5394 |